Bahaya !! Efek Negatif Dari Perkembagan Smartphone Canggih Yang Perlu Anda Ketahui

Tidak sanggup dipungkiri bahwa smartphone sudah mengambil tugas penting dalam kehidupan insan , hampir setiap hal penting mulai tergeser keberadaannya oleh kecanggihan smartphone, bahkan hampir 1x24 jam waktu setiap orang pada masa ini dihabiskan untuk bermain smartphone , mulai dari bermain game ataupun berselancar di dunia maya ibarat facebook, twitter , instagram dll.

ibarat sebuah pisau , setiap perkembangan mempunyai imbas postif maupun imbas negatif  dan dari perkebangan smartphone yang setiap tahunnya semakin canggih-pun mempunyai imbas negatif yang bisa dibilang berbahaya, namun sayangnya kebanyakan dari pengguna smartphone kurang mengetahui bahkan cenderung tidak tahu imbas neagtif maupun ancaman dari smartphone yang mereka gunakan.

Oleh lantaran itu saya pada kesempatan kali  ini akan memberikan Bahaya dan imbas negatif dari smartphone yang perlu anda ketahui.

1. Bahaya sinar biru pada smartphone

Sinar biru atau blue light ialah sinar yang dipancarkan dari layar smartphone , sinar biru tidak hanya ditemukan di smartphone namun bisa ditemukan dari gdget lain ibarat PC dan Laptop.
Dan tanpa kita sadari Sinar biru atau blue light mempunyai imbas negatif yang berbahaya, di antaranya :

A. Degenerasi Makula

American Macular Degeneration Foundation menyebutkan bahwa sinur biru yang terpancar eksklusif ke mata dalam jarak akrab dan waktu yang berlangsung usang sanggup meyebabkan rusaknya retina mata yang disebut degenerasi makula. Degenerasi Makula ialah kerusakan retina mata yang menimbulkan hilangannya penglihatan sentral,yaitu kemampuan melihat benda yang ada di depan mata.

B. Katarak

Secara resmi memang belum ada pernyataan khusus dari tubuh kesehatan nasional maupun internasional yang menyebutkan bahwa katarak termasuk imbas dari paparan sinar biru smartphone, penelitian yang menyimpulkan bahwa sinar biru smartphone sanggup menimbulkan katarak pun belum ada yang konkrit.

Namun survei kebanyakan sesudah ada smartphone ataupun gadget canggih lainnya ,penderita katarak modern ini mulai mengalami mata yang tertutup lapisan putih ibarat awan semenjak umur 35 tahun sedangkan normalnya tanda-tanda ini terjadi mulai semenjak seseorang berumur 75 tahun. Memang belum ada bukti konkrit namun dari hasil survei tersebut kita harus lebih waspada.

2. Menurunkan produksi melantonin

Melantonin merupakan zat yang dihasilkan otak dan berfungsi untuk membantu siklus tidur.
Zat melantonin mulai diproduksi ketika kita tertidur,dan kebiasaan kita ketika bermain smartphone menciptakan kita mengabaikan rasa kantuk bahkan hingga begadang. Terganggunya siklus tidur tersebut membawa beberapa imbas diantaranya :

A. Gangguan kesehatan

Tidur ialah satu dari sekian banyak hal yang diharapkan tubuh,karna tubuh-pun membutuhkan waktu untuk beristirahat, kurangnya tidur menimbulkan menurunnya produksi melantonin yang bila secara terus menerus sanggup menjadi penyebab gangguan kesehatan diantaranya duduk perkara memori atau ingatan hingga obesitas bahkan gangguan genetik lainnya.

B. Resiko Kanker yang lebih tinggi

Tidak hanya berfungsi sebagai pembantu tubuh untuk tertidur ,melantonin juga berfungsi sebagai anti oksidan yang sanggup menangkal tumbuhnya penyakit kanker. Menurunnya produksi Melantonin sanggup menciptakan perkembangan kanker menjadi lebih cepat karna kurangnya tubuh dalam mendapatkan antioksidan alami. Meski belum ada relasi sebab-akibat yang jelas,namun disebutkan bahwa kanker yang paling mungkin tumbuh karna menurunnya Melantonin ialah kanker Payudara dan Prostat.

C. Penyebab Depresi

Berdasarkan penelitian semakin kurangnya produksi melantonin dan semakin kacaunya siklus tidur seseorang sanggup menimbulkan munculnya geajala-geajala depresi.

3. Radiasi smartphone yang berbahaya

Seperti yang kita ketahui bahwa semakin canggih smartphone maka semakin banyak pula fitur-fitur dari smartphone tersebut, dan fitur-fitur tersebut menciptakan smartphone terpacu untuk memperoleh daya ibarat sinyal digital yang lebih sinyal radio , maka dari itu makin besar pula radiasi yang dihasilkan. Dan dari banyaknya radiasi yang berbahaya tersebut, saya berhasil merangkum diantaranya :

A. Sakit Kepala

Kebiasan kita meletakkan smartphone disamping atau didekat kepala ketika tertidur menimbulkan anda terkena pusing, mual bahkan vertigo.

B. Menyebabkan Kanker

Selain menurunnya produksi melantonin , radiasi smartphone yang besar sanggup memicu perkembangan kanker. Namun untuk hal ini masih belum ada penelitian yang konkrit.

C. Gangguan Ginjal

Kebiasaan lain kita selain meletakan smartphone di akrab kepala ketika tidur ialah meletakkan smartphone terlalu usang dalam saku baju ataupun celana yang akrab tempat sekitar ginjal. Semakin usang dan semakin besar sinyal radiasi negatif yang diterima sanggup menagnggu fungsi normal ginjal.

D. Serangan Jantung

Kebiasaan menyimpan smartphone didalam saku akrab dada ialah kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh setiap orang. Namun tahukah anda? sinyal radiasi negatif yang besar dan terus menerus terpancar didaerah sekitar jantung sanggup menganggu fungsi normal jantung bahkan hingga terjadi serangan jantung.

E. Alzheimer

Alzheimer ialah penyakit otak yang menimbulkan menurunnya kemampuan otak untuk mengingat alias pikun.

4. Menumbuhkan kesenjangan sosial

Banyaknya fitur canggih pada smartphone ibarat fitur chat,internet dan game menciptakan orang cenderung terfokus dengan smartphone masing-masing , bila dahulu orang-orang sering bertegur sapa bahkan berbincang dengan orang lain walau tidak saling kenal sembari menikmati perjalanan dalam angkutan umum, maupun ketika sedang mengantri untuk suatu hal.

Berbanding terbalik dengan kebiasaan pada kini ini dimana setiap orang terfokus dengan smartphone masing-masing sehinngga mengurangi interaksi sosial. Memang tidak sanggup dipungkiri bahwa perkembangan smartphone yang semakin canggih membawa imbas positif yang besar terhadap kehidupan ,namun tidak sanggup kita elakkan bahwa imbas negatif pun cukup banyak.

Dan dengan adanya artikel ini saya berharap anda selaku pembaca setia blog saya sanggup untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam penggunaan smartphone, karana kita harus bisa menjadi smartuser untuk smartphone yang kita gunakan.

Penulis : www.dirga.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya !! Efek Negatif Dari Perkembagan Smartphone Canggih Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel